16, Nov 2023
Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-59: “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” di Kabupaten Buru

Kabupaten Buru merayakan Hari Kesehatan Nasional yang ke-59 dengan semangat dan antusiasme tinggi dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju. Dalam rangkaian perayaan yang diadakan hari ini, berbagai kegiatan dan program telah diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan serta mendorong transformasi kesehatan di tingkat lokal selasa pagi (14/11/2023)

Dengan tema besar “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” perayaan ini menjadi momentum penting bagi Kabupaten Buru untuk memperkuat sistem kesehatan, mendorong inovasi, dan meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat.

Acara perayaan hari ini diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh para pejabat pemerintahan daerah, tokoh masyarakat, perwakilan dari instansi kesehatan, Kader posyandu, siswa/siswi sekolah tingkat menengah atas serta unsur-unsur terkait lainnya. Dalam sambutannya, Bupati Buru menekankan pentingnya dukungan dan peran serta pemerintah daerah beserta  seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan pelayanan kesehatan dasar yang mudah di akses oleh seluruh masyarakat dalam mewujudkan visi kesehatan yang lebih baik bagi Kabupaten Buru.

Selain itu momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2023 di kabupaten Buru dirangkaikan dengan launching program Integrasi Layanan Primer (ILP) sebagai program unggulan dalam transformasi kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dalam laporan kepala dinas kesehatan HKN menjadi momen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, menyoroti isu-isu fasilitas kesehatan yang ramah masyarakat, ketersediaan obat-obatan serta peningkatan kualitas SDM kesehatan.

Adapun sejumlah kegiatan edukasi kesehatan dilaksanakan di berbagai titik di Kabupaten Buru. Mulai dari workshop pengkajian kasus kematian Ibu dan Anak, pelatihan kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal, Penggerakan masyarakat dalam Mengaktifkan Posyandu, Skrining Anemia dan pemberian TTD bagi Remaja Putri, Skrining dan Workshop HIV/Aids,  kegiatan jambore Kader Posyandu, pemeriksaan kesehatan gratis, senam bersama, penyerahan Lansia KIT/Posbindu  untuk 26 Pustu, dan pembagian media KIE bagi peserta kegiatan HKN untuk mendukung program kesehatan masyarakat dan masih ada beberapa kegiatan lainya menjadi sorotan utama dalam rangkaian perayaan ini.

Simulasi Pelayan Posyandu berdasarkan Siklus Hidup oleh Kader Posyandu di Kecamatan Namlea
Kegiatan senam bersama
Skrinning Anemia pada Siswa Usia Sekolah
Pemeriksaan kesehatan Gratis “Skrining Gula Darah”
penyerahan Lansia KIT/Posbindu  untuk 26 Pustu oleh PJ Bupati Buru Bapak Djalaluddin Salampessy

Dilanjutkan dengan sambutan PJ Bupati Buru Djalaluddin Salampessy beliau menyampaikan bahwa ”Melalui Integrasi Layanan Primer ini maka diharapkan agar akses pelayanan kesehatan baik pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif pada setiap fase kehidupan secara komprehensif dan berkualitas dapat diakses dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat terkhusus di kabupaten Buru”

belaiu juga menyampaikan “Pelaksanaan program ILP tidaklan mudah. Namun saya optimis dengan komitmen kita dalam memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat serta kerjasama yang kuat dari seluruh stake holder maka program ini akan terlaksana dengan baik dan optimal“.

Melalui tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, diharapkan perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-59 ini mampu menginspirasi dan memotivasi seluruh elemen masyarakat untuk terus berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan, bukan hanya di Kabupaten Buru, tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Kesehatan adalah modal utama bagi pembangunan. Dengan kesehatan yang baik, kita dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Buru,” ungkap PJ. Bupati Buru melalui wawancara eksklusif.

Kepala dinas kesehatan juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan kesehatan, lintas sektor terkait, TP-PKK, seluruh Camat, kepala desa dan kader yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara terintegrasi dan optimal.

Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan tema transformasi kesehatan untuk Indonesia maju di Kabupaten Buru menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju masyarakat yang lebih sehat, produktif, dan maju. Semoga semangat perayaan ini terus terjaga dan memberikan dampak positif yang besar bagi kesejahteraan masyarakat di masa depan.

Reporter: [SM Promkes]

Dengan adanya perayaan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan peran aktif semua pihak dalam mendukung transformasi kesehatan di Kabupaten Buru semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *